Selasa, 05 April 2011

Olahraga Teratur Dapat Membuat Awet Muda

oleh Lin Edwards

Sebuah tim ilmuwan Kanada bekerja menggunakan tikus yang dimodifikasi secara genetik dengan usia dua kali lebih cepat dari usia normal telah menemukan olahraga teratur membuat mereka awet muda.

Profesor pediatri dan kedokteran, Dr Mark Tarnopolsky, dan rekan dari McMaster University di Hamilton, Ontario menggunakan tikus yang telah dimodifikasi dengan cacat pada gen yang berfungsi memperbaiki mitokondria, yang memasok energi untuk sel. Ketika tikus berumur tiga bulan (kira-kira setara dengan 20 tahun pada manusia), mereka memaksa beberapa tikus untuk berolahraga treadmill selama 45 menit beberapa kali seminggu, dan kelompok pembanding tidak berolahraga.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah lima bulan (ketika tikus-tikus itu setara dengan 60 tahun usia manusia) tikus yang berolahraga tampak seperti tikus alam: lebih muda, sehat dan lebih aktif daripada tikus yang tidak berolahraga, yang tidak berolahraga telah kehilangan banyak rambutnya. Tikus tidak berolahraga juga malas dan kurang subur dibandingkan dengan yang berolahraga.

Para peneliti mengatakan setiap jaringan dan setiap organ mereka diperiksa lebih baik pada tikus yang berolahraga dibandingkan yang tidak olahraga, termasuk, kulit rambut, ovarium, testis, limpa, ginjal hati. Tikus yang tidak olah raga otaknya telah menyusut dan hati membesar, namun berukuran normal yang olahraga. Efek Anti-penuaan yang "belum pernah terjadi sebelumnya" dan melindungi setiap bagian tubuh.

Struktur otot pada tikus yang berolahraga normal, sedangkan pada tikus diam tampak rusak. Mitokondria pada tikus yang berolahraga tampak muda dan sehat, sedangkan pada tikus diam tampak tua dan rusak. Hasil ini adalah yang paling mengejutkan karena mitokondria memiliki DNA sendiri dan akumulasi mutasi pada DNA mereka yang bertanggung jawab atas penurunan bertahap dalam fungsi jaringan selama proses penuaan, dan untuk kondisi seperti kanker, penyakit diabetes, Parkinson dan penyakit Alzheimer.

Mahasiswa senior PhD Adeel Safdar, membantu penulis, mengatakan bahwa proses itu tidak sepenuhnya jelas, tapi berolah raga adalah menekan fisiologis yang baik sehingga memaksa tubuh untuk menghasilkan energi lebih banyak. Dia mengatakan tikus berolahraga menunjukkan "pemulihan besar" dalam fungsi mitokondria.

Para peneliti mengatakan penelitian sengaja menggunakan latihan yang sederhana dan intensitas sedang dan hasilnya juga akan berlaku pada manusia. Dr Tarnopolsky mengatakan ia berharap penelitian ini akan mengilhami orang untuk berolahraga secara teratur. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa bahkan orang-orang yang telah diam waktu yang lama sangat bermanfaat dari olahraga ringan.

Dr Tarnopolsky mengatakan bahwa kematian tidak bisa dihindari, namun olahraga teratur adalah terapi yang paling manjur anti-penuaan yang tersedia dan dapat membuat kita sehat dan bebas penyakit lebih dari apa pun. Makalah ini diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Science.

Sumber :
http://erabaru.net/kehidupan/45-gaya-hidup/23671-olahraga-teratur-dapat-membuat-awet-muda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar