Sabtu, 09 April 2011

Modern Dengan Teknologi

Di Jaman sekarang ini yang serba modern dan praktis, menuntut masyarakat untuk tidak ketinggalan dalam segala hal termasuk dalam bidang teknologi. Banyak orang yang berlomba-lomba ingin menjadi yang terbaik dalam hal pemahaman teknologi. Gaya hidup digital (digital lifestyle) adalah istilah yang seringkali digunakan untuk menggambarkan gaya hidup modern yang sarat dengan teknologi informasi.

Teknologi informasi sangat berperan untuk mengefisienkan segala sesuatu yang kita lakukan, baik di masa kini maupun masa depan, dengan satu tujuan yaitu mencapai efisiensi dan produktivitas maksimum. Tentu tidak dapat dibantah lagi, bahwa teknologi informasi memang berperan besar dalam meningkatkan efisiensi.

Tentu saja teknologi bukanlah suatu hal yang buruk. Teknologi seperti yang ditulis dalam Wikipedia (ensiklopedia internet) adalah istilah yang luas yang berkaitan dengan penggunaan dan pengetahuan manusia atas alat-alat. Teknologi dilihat sebagai proses interaksi antara diri manusia dan lingkungan. Teknologi dapat dilihat secara umum sebagai proses kegiatan manusia untuk tujuan-tujuan praktis agar mempermudah kehidupan.

Jadi yang penting adalah bagaimana kita memahami tujuan dari teknologi tersebut dan bagaimana menggunakannya. Berbagai bentuk teknologi harus dapat digunakan oleh manusia untuk kebaikan dan bukan sebaliknya. Teknologi tidak boleh mengatur manusia. Manusialah yang harusnya mengatur teknologi. Karena itu kesejahteraan manusia merupakan tujuan utama dari keberadaan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar